Bagaimana merencanakan tour yang efektif dan efisien

TIPS PERENCANAAN LIBURAN

  1. Rencanakan liburan anda jauh hari sebelum hari H , idealnya adalah 3 bulan sebelum acara , cari informasi mengenai tour agen yang menjual paket wisata ( costum atau tailor made package) , dalam artian dengan bayar nominal tertentu , anda sudah nyaman dan semua sesuai dengan keinginan .
  2. Perkirakan daerah tempat wisata yang akan anda kunjungi , kondisi cuaca , harga tiket serta makanan yang kira kira tersedia di tempat tujuan anda .
  3. Estimasikan biaya , termasuk kemungkinan kenaikan harga pada komponen penunjang tour , seperti harga bis dan harga tiket tempat wisata ,yang biasanya naik setiap 6 bulan sekali , biaya makan dan hotel serta asumsikan bahwa harga – harga cenderung naik pada saat liburan sekolah , akhir dan awal tahun , serta pada saat libur hari Raya.
  4. Rencanakan perjalanan / study tour anda pada saat sebelum liburan , karena pada saat itu biasanya harga – harga masih normal , belum ada kenaikan yang drastis . Transportasi untuk bis pariwisata relatif mudah didapat , karena masih pada nyantai , kalo liburan tiba ? jangan pernah berharap dapat bis yang enak , kecuali anda sudah mempraktekkan tips no 1 di atas .
  5. Apakah anda lebih senang berwisata pada saat liburan ? dimana semua orang berdatangan dari semua penjuru ke DTW yang akan dikunjungi ? ataukah lebih senang pada saat suasana santai , dimana anda bisa menikmati berbagai wahana dengan tenang ? kalo saya pribadi , lebih enak saat non liburan , dimana harga normal , tamu tidak begitu banyak , wahana yang ada bisa dinikmati maksimal, hehe…
  6. Pastikan jumlah peserta yang akan berpartisipasi / mengikuti tour sebelum nego dengan pihak tour agen , jangan sampai anda dapat komplain dari teman – teman anda , anak saya gak dapat makan atau snack atau bahkan tidak kebagian tiket . Jujur aja sama pihak tour agen , dewasa berapa orang ? anak berapa orang ? bayi berapa orang ? daripada anda ditagih kekurangan bayar atau misalnya di komplain sama teman teman anda , tul kan ?
  7. Jumlah orang yang ikut perjalanan wisata akan sangat berperan penting dalam penentuan harga , harga bisa mahal atau murah tergantung pada jumlah orang , makin sedikit peserta maka akan semakin mahal perjalanan wisata yang akan anda selenggarakan .
  8. Last but not least , selalu bersiap untuk kejadian apapun , ingat , komplain boleh , namun jangan sampai ngamuk ngamuk gak keruan , hal itu hanya akan menunjukkan bahwa anda baru pertama melakukan perjalanan wisata serta tidak bisa menerima keadaan , padahal keadaan tidak bisa diprediksi , hanya bisa dihadapi dan di antisipasi … betul kan ?
Iklan

Sosialisasi Tanda Daftar Usaha Pariwisata

Met Pagi kawan…

Hari kamis kemarin , berlokasi di Mulih ka Desa Resort , Samarang – Garut , kami mengikuti sosialisasi TDUP , sebagai syarat untuk melaksanakan kegiatan kepariwisataan di Indonesia secara umum , dan di Kab Garut secara khusus .

Peserta lumayan banyak , semua adalah praktisi dan pelaku industri pariwisata di kota Garut .

Dari keseluruhan usaha yang menyangkut dunia kepariwisataan , ada 13 usaha utama , yang di break down lagi jadi 83 sub jenis usaha , lumayan pusing ngapalinnya juga , hehe

By the Way , dikasi waktu 1 tahun untuk ngurusin TDUP ini , dengan tanpa biaya alias GRATIZZZ …., yang gak punya pun sanksi nya gak main main !!! , usahanya akan dibeku kan alias frezzing , hehe , jangan sampe la yau …

sekian dulu aja … next time sambung lagi …

keep reading my blog for update news around hospitality and tourism industries , including tour package and hotel rates … C . U next time.

Tips memilih Tour and Travel agent

TIPS MEMILIH TOUR & TRAVEL AGENT

ü  Periksa dan tanyakan izin dari pemda setempat , bila belum ada atau tidak bisa menunjukkan izin , maka wajib dicurigai , apakah benar ada atau hanya travel fiktif ?

ü  Tanyakan secara detail , siapa penanggung jawabnya , kantornya dimana , P.O nya apa ,objek wisata apa saja dan harga resminya berapa , makan dimana dengan menu seperti apa , harga sekali makan , hotel dimana ? serta catat bila perlu , anda kan yang bayar , anda harus yakin semua sesuai keinginan anda selaku konsumen . Bila perlu , hitung bareng untuk menjaga kecurangan agen tour.

ü  Apabila dari luar kota , apakah mereka memiliki cabang di daerah anda ? bila tidak , kemana anda akan komplain bila terjadi sesuatu hal pada saat tour berlangsung .

ü  Pastikan jumlah penumpang sebelum deal harga , untuk mencegah kenaikan harga karena jumlah penumpang tidak sesuai kuota yang diberikan agen tour & travel , contoh : jika jumlah penumpang 59 orang, maka harga Rp 250.000 / orang dengan tujuan Jakarta – Dufan , sudah memadai , bila penumpang hanya 45 orang ? yang pasti agent tour gak mau rugi , maka dia akan menaikkan harga menjadi Rp 300.000 / orang , untuk menutupi kekurangan sebanyak 14 penumpang .

ü  Perhatikan jumlah F.O.C tiap bis , makin banyak F.O.C , makin besar biaya yang ditanggung peserta lain , ingat selalu bahwa F.O.C adalah dibayarin oleh peserta lain.

ü  Adakah agenda khusus untuk tour anda ? bila ya , konsultasikan dahulu dengan agent tour untuk menghindari pembayaran tambahan , seperti tambahan sewa bis , tiket , tambahan solar , dan lain lain , supaya perjalanan anda nyaman dan tentram , alias tidak ada pihak yang dirugikan .

ü  Pastikan harus ada kontrak kerjasama yang ditanda tangani di atas materai , untuk mencegah bila ada pihak yang iseng merubah jadwal acara perjalanan secara sembarangan , kecuali bila terjadi hal yang darurat , maka hak tour agent untuk merubah jadwal demi keamanan dan kenyamanan rombongan.

ü  Harus diingat bahwa sewa bis hanya 16 jam saja per harinya , bukan 24 jam seperti mobil rentalan .

ü  Bis yang akan anda sewa kemungkinan sedang dipakai oleh grup lain , maka dari itu selalu konsultasikan agenda keberangkatan dengan tour agen , jangan sampai terjadi kesalah pahaman , yang biasanya berujung pada menyalahkan agen tour .

ü  Biarkan agent tour yang mengurus tiket , makanan serta pengaturan kamar , karena untuk itulah mereka dibayar , anda kan tamu spesial mereka ? santai aja dan nikmati pemandangan yang ada .

ü  Kadang ada tour agent yang memberikan harga rendah sekali , harus diingat apakah pelayanan yang diberikan akan maksimal ? biasanya tidak , mereka hanya melayani sebesar nilai nominal yang anda bayarkan saja , alias jangan berharap banyak , terima aja deh , saya kan memang bayar murah , kalo saya bayar lebih mahal pasti pelayanan pun akan berbeda , logis kan ?

 

Demikian sekilas tips dari kami , semoga bisa bermanfaat untuk rombongan bapak dan ibu .